Backpack ke Banyuwangi – Jawa Timur (Part I)

Setahun lebih beberapa hari dari terakhir posting di blog ini…😀

Banyak yg udah terlewati setahun terakhir ini, terlebih setelah wisuda kmaren.. huehuehue..

‘Kejadian’ yang masih gress bulan ini adalah jalan-jalan backpacking an ke Banyuwangi dalam rangka menghadiri kondangan temen deket. Temen seperjuangan STM, kuliah, sampek kerja. Bahkan temen seperjuangan nyari kelengkapan2 pernikahan dink.. hehehheee :”>

Temen saya, Indri Novita Aggraini menikah hari Sabtu, tanggal 5 Mei 2012 kmaren. 23 hari setelah saya menikah lebih dulu :”> Acaranya di Banyuwangi, kabupaten paling timur di Pulau Jawa.. Jowo pucuk etan kl orang jawa bilang..

Sebenernya untuk brangkat ke kondangan itu, saya dan suami dapet tawaran brangkat bareng rombongan alumni sekolah STM semasa di malang dulu, Kretek12 dan rombongan Kakak-kakag Telkom.. Tapi mengingat saya masih manten anyar, dan pengen ber-backpack kami sepakat jalan sendiri.. hehehe….

Jadi gini awal cerita perjalanan backpack saya. Kami berangkat dari Surabaya ke Banyuwangi lewat jalur darat malam hari jumat tanggal 4 Mei. Awalnya kita mau naik kereta bisnis Mutiara Timur Malam brangkat dari surabaya jam 22.30 sampai Banyuwangi jam 05.17. Harga tiket  kereta bisnis Mutiara Timur Malam 65.000 apa 75.000 saya lupa😀. Namun sayang beribu sayan, pas nyampek depan loket, kita kehabisan tiket kereta😦

Masih ada alternatif kereta ekonomi Sri Tanjung sebenarnya. Harga tiket kereta api ekonomi Sri Tanjung sekitar 24.000 Rupiah. Berangkat dari Surabaya pk 13.50. Kereta ini berangkat dari stasiun Lempuyangan-Yogyakarta dan berakhir di Banyuwangi (stasiun Tanjungwangi kl tdk salah :D) .

Setelah mengingat bahwa esok adalah weekend ditambah tanggal muda, sudah pasti di dalam kereta nanti uyel-uyelan. Penuh sesak. Padahal kan ini perjalanan panjang.. huhuhuu…

Akhirnya kami putuskan beralih naik Bus dari Surabaya (Bungurasih) ke Banyuwangi (Karangente). Kalau dari Surabaya, ada dua macam trayek bus menuju Banyuwangi (CMIIW). Pertama Surabaya-Situbondo-Banyuwangi (lewat jalur pantai utara) dan yang kedua Surabaya-Jember-Banyuwangi (lewat jalur selatan).

Kami berangkat dari Surabaya pk. 21.00 naik bus Restu ekonomi, melewati jalur selatan. Kota demi kota terlampaui, sampai dengan terminal Tawang Alun, Jember. Tak jauh setelah melintasi terminal ini, penumpang bus ini dioper ke bus jurusan Jember-Banyuwangi. Kira-kira waktu itu jam menunjukkan pk. 01.00. Selidik punya selidik, ternyata memang begitu tabiatnya. Penumpang jurusan Surabaya-Banyuwangi selalu dioper ke bus Jember-Banyuwangi.It’s Ok! Selama karcis tak keburu dibuang dan untungnya dapet bis ekonomi yang fasilitasnya mirip bus eksekutif.. Alhamdulillah yaah..🙂

Detik berlalu dan desa demi desa kita telusuri (cieehhh..) akhirnya sampai pula di terminal Karangente, Banyuwangi. Tepat pk. 05.45 kita turun dari bus. Terminal Karangente ini bisa dibilang ukurannya kecil. Tak lebih dari Terminal Pare (kampung halaman saya :D).

Dari Karangente kita nyari taksi menuju Hotel Tanjung Asri di Jalan Mawar, tempat berlangsungnya acara nikahannya Indri. Jam 8an kita baru cek-in. Acaranya sendiri baru dimulai pk. 13.00 masih ada waktu buat mandi&dandan² *maklum, cewek kan dandannnya lama.. hehehe… :”>

Oiya, murah lho sewa hotelnya.. untuk ukuran kamar standard, harganya Rp 55.000/ malam.. udah ada TV ama kipas anginnya.. Murah bukan? *harusnya sy dapet royalti nih dari HTA

Kemarin kita cuman nginep semalem aja… minggu siang udah harus cek-out, balik ke Sby…

kondangan banyuwangi

Cerita balik ke Surabayanya bersambung yaa.. Udah laper nih.. mo maksi dulu.. hehehe….

2 thoughts on “Backpack ke Banyuwangi – Jawa Timur (Part I)