Pesta Wirausaha Ngalam 2013

Alhamdulillahirrobbil’alamiin…

Hari Sabtu kemarin, tanggal 15 Juni 2013 digelar perhelatan Pesta Wirausaha (disingkat PWA) TDA Ngalam 2013. Meskipun namanya “pesta”, bukan berarti isinya happy-happy bernyanyi2 ria merayakan sesuatu seperti pesta ultah itu😛

Saya sangat bersyukur di hari Sabtu kemarin menjadi bagian dari perhelatan itu.. Acara PWA ini lebih ditujukan untuk berbagi. Baik ilmu bisnis, semangat, pesan moral, keyakinan, pertemanan dll. Hari itu ada 6 orang pembicara yang dihadirkan. Menurut saya, sungguh orang2 ini bukan orang sembarangan! Ada Pak Fauzi Rachmanto, Moh. Rosihan, Badroni Yuzirman, Odi Anindito, Unggul Abinowo dan Dewi Tanjung.

Kenapa tadi saya bilang orang2 iitu bukan orang sembarangan? Secara mereka ini bukan sekedar  pebisnis yg sukses secara finansial saja, tapi diikuti dengan kesuksessannya berkontribusi untuk sesama. Detailnya, Yuk lanjut dibawah😉

1. Fauzi Rachmanto

Pak Fauzi Rahmanto ini adalah pendiri PT SGDI (System Design Group Indonesia). Beliau adalah Presiden TDA periode 2013- 201x. Dalam waktu kurang lebih 90 menit beliau banyak memberikan inspirasi bagi kami. Beliau banyak bercerita bagaimana membangun usahanya hingga bisa mencapai seperti sekarang ini. Diawali dengan menjadi pegawai bank yang ahli dalam bidang keuangan dan investasi. Meskipun ia tidak berlatar belakang pendidikan bidang Ekonomi.

Fauzi Rachmanto Pesta Wirausaha Ngalam 2013

Fauzi Rachmanto
Pesta Wirausaha Ngalam 2013

Beliau banyak bercerita manis pahitnya berwirausaha. Di saat karirnya menanjak di sebuah perusahaan asing, dimana penghasilan yg didapat lebih dari cukup, beliau memutuskan untuk keluar dan memulai merintis usahanya. Pak Fauzi Rachmanto juga banyak memberikan wawasan mengenai pengelolaan SDM dan komunikasi dalam sebuah perusahaan. Bagaimana menyikapi karyawan, mengambil keputusan.
Hal yang tak kalah berkesan dari Bapak yang satu ini adalah kesantunan dan pembawaannya yang sederhana, humoris dan ceria. Tak heran, semua perhatian peserta PWA Ngalam terfokus pada pembicaraaan Pak Fauzi Rachmanto.

2. Badroni Yuzirman

Pembicara kedua yang hadir adalah Badroni Yuzirman atau yang akrab disapa Pak Roni. Beliau adalah founder TDA. Pak Roni banyak mengisahkan bagaimana menghadapi ‘tantangan’ bisnis. Diawali dengan bercerita bagaimana beliau mengawali berdagang baju di pasar Tanah Abang, kesuksesan di Tanah Abang, hingga akhirnya harus keluar dari Tanah Abang krn situasi politik, keuangan perusahaan yang menghimpit. Pelajaran penting yang saya dapat dari Pak Roni adalah  CASH IS THE KING!! Artinya, sebesar apapun omzet kita, kita itu hanya berupa piutang tak ada artinya! Saya pun amat sangat mengamini motto ini.

Salah satu usaha saya mengalami case serupa. Pembukuan saya menunjukkan betapa besarnya omset saya, namun pada kenyataannya duit yang ada amat jauh dari angka2 manis yang bertengger di pembukuan T_T. Masalah utamanya adalah barang pesanan yang tak segera dibayar. Padahal modal saya amat terbatas. Dengan tidak segera dibayarnya barang pesanan ini, otomatis proses bisnis saya jadi tersendat, modal tak berputar. Tidak bisa kulakan😦 .. Mungkin di sinilah letak kekurangan saya, karena “nggak enakan” sama pemesan, yang terkadang adalah teman sendiri, makin seretlah bisnis saya :))

Tapi setidaknya saya masih sedikit lebih beruntung dari Pak Roni. Karena barang masih ada di tangan saya. Hanya tertahan saja😀. Ya, tertahan yang mematikan! Mengingat harga dagangan yang lumayan mahal, tingkat persaingan yang amat ketat dan jumlah modal, sepertinya saya mulai berfikir untuk ‘loncat’ ke bisnis lain yang lebih longgar.

Okey, dari Pak Roni, ingatlah Profit adalah uang cash atau yang ada di rekening dan bisa dipakai belanja! Piutang itu bukan profit!

roni yuzirman

Badroni Yuzirman
PWA Ngalam 2013

3. Unggul Abinowo


Pak Unggul Abinowo adalah pemilik gerai Bakpao Telo, khas malang. Kalau melintas di jalan Surabaya-Malang pasti akan melintasi outletnya yang besar dan membahana..hahaha… Yak, karena lokasinya strategis sekali, di dekat bukit asri yang sejuk. Ditandai dengan bilboard super besar bertuliskan “Bakpao Telo”. Pak Unggul ini adalah sosok inspiratif yang amat bersahaja. Sungguh kita tak akan menyangka orang yang berpenampilan sederhana, tak banyak bicara ini adalah seorang Presiden. Presiden Repoeblik Telo maksudnya😀

Unggul Abinowo, Presiden Repoeblik Telo

Unggul Abinowo, Presiden Repoeblik Telo

 

Dengan kalem beliau menceritakan bagaimana masa kecilnya yang sarat keprihatinan. Berlatar belakang orang tua yang bekerja sebagai PNS dengan penghasilan terbatas, membuat masa sekolah Pak Unggul ini harus bekerja untuk bisa sekolah. Beliau juga bercerita sewaktu sekolah di SMAN 3 Malang, beliau sering membolos saat hari Sabtu. Krn pada hari itu dibuatnya pergi ke bandung untuk ‘kulakan’ baju yang akan dijualnya ke rekan2 sekolahnya.

Sebuah pesan yang amat dalam dari pak Unggul adalah Satu hal sering dilupakan oleh pengusaha muda adalah untuk apa menjadi orang sukses? Kalau sudah sukses mau apa? Apa iya ‘hanya’ untuk punya mobil mewah, rumah mewah, harta melimpah? sementara di luar sana masih banyak orang yang butuh bantuan kita? Jangan jadikan uang sebagai tujuan utama, tapi jadikan uang sebagai alat merubah keadaan masyarakat kita menjadi lebih baik.. Sebuah pesan sederhana, namun sangat berpengaruh atas apa tujuan hidup kita..

4. Odi Anindito

Odi Anandito, Owner Coffee Toffee

Odi Anandito, Owner Coffee Toffee

Odi Anandito , bos Coffee Toffee ini banyak memberikan wawasan mengenai bisnis kopinya.. Mulai mengapa ia memilih bisnis kopi asal Indonesia, bagaimana cara mempromosikan Coffee Toffee hingga cara mengelola bisnisnya.. Bagaimana ia menentukan standard pelayanan dan kenyamanan pada setiap gerainya.. 

5. Dewi Tanjung

Mbak Dewi Tanjung ini adalah pemilik DeTanjung.com.  Bergerak dibidang pembuatan souvenir dari limbah/barang bekas. Misalnya bingkai  foto yang dibuat dari daun-daun kering. Dengan gayanya yang polos, apa adanya Mbak Dewi banyak bercerita tentang masa kecilnya yang penuh keprihatinan. Dimana sewaktu bayi, ia harus kehilangan ayahandanya. Kemudian hidup dengan serba kekurangan, hingga untuk makan saja masih makan tiwul.
Segala keterbatasan, hinaan semasa kecil tak membuat dirinya berpatah semangat. Dimulai dari masa kuliah, Mbak Dewi ini memunguti daun-daun yang jatuh sepanjang jalan di kampusnya, untuk kemudian dirangkai menjadi souvenir2 cantik. Hobi ini berkembang hingga pada suatu ketika ia kebanjiran order. Dari sini ia mulai turut memberdayakan tetangga sekitar rumahnya, bahkan penghuni lapas wanita di  Malang. 

Berkat kepeduliannya mengembangkan pemberdayaan penghuni lapas wanita, Mbak Dewi sempat dipercaya untuk mewakili Indonesia berpidato di hadapan sebuah forum internasional. Tentang usaha, dan kepedulian terhadap sesama. Pengalaman ini juga yang mengantarkan Mbak Dewi bertemu dengan Pangeran Inggirs..😀

Oiya, saya sempet loh berfoto denga Mbak Dewi.. Meski baju basah habis kehujanan, celana masih terlipat, tak apalah mumpung ketemu orang besar… heheheee…  :))

Dewi Tanjung. PWA Ngalam 2013

Dewi Tanjung. PWA Ngalam 2013

 

6. Moh. Rosihan

Pak Rosihan ini adalah mantan Presiden TDA periode sebelumnya. Beliau banyak memberikan masukan mengenai bagaimana memaksimalkan internet sebagai sarana berpromosi. Mulai dengan memanfaatkan twitter, facebook, iklan berbayar/gratis, kemasan, tampilan dan navigasi website dll. Pak Rosihan ini membawakan materi dengan gayanya yang santi, informatif, lucu, namun mengena. :D 

Pesan moral yang saya tangkap dari Pak Rosihan adalah bagaimana kita memaksimalkan media promosi yang kita punya. Sekecil apapun itu, pasti akan membawa dampak untuk usaha kita😀
Dan lagi, apapun jenis usaha yang akan kita ambil, pastikan yang ada disekitar kita dulu. Setidaknya akan menekan biaya transportasi dan operasional😀 Noted Pak!!

Bonus dari PWA ini, saya berhasil merayu Mbak Dyah Purana buat foto bareng.. Siapa Mbak Dyah Purana? Doi adalah cofounder Aremaafood.com. Olshop makanan ringan khas malang. Oiya, dapet bonus Bumbu serbuk Non MSG dari Mbak Diah.. Hehehee… Kamsia mbak Dyah..

With Mbak Dyah Purana

With Mbak Dyah Purana

2 thoughts on “Pesta Wirausaha Ngalam 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s